Penyebab Bau Mulut

Jangan selalu salahkan jengkol dan petai karena masih banyak Makanan Penyebab Bau Mulut yang sebenarnya kita konsumsi sehari-hari. Salah satu bahan makanan yang sudah cukup terkenal dengan baunya adalah bawang. Bawang putih dan merah bisa menyebabkan bau mulut karena kandungan mercaptan dan senyawa sulfur. Saluran pencernaan akan menyerap kedua senyawa tersebut dan darah akan mendistribusikannya ke seluruh tubuh tidak terkecuali paru-paru. Daging yang sepertinya aman juga sebenarnya dapat menyebabkan bau badan. Bau tersebut dipicu oleh bumbu-bumbu yang digunakan pada saat mengolah daging. Serat daging yang tertinggal di gigi juga akan menyebabkan bau mulut. Telur dan kacang juga bisa memicu bau mulut. Protein pada telur dan kacang bereaksi dengan asam di saluran pencernaan dan memproduksi bau yang tidak sedap.

Kopi dan alkohol dapat memicu bau mulut karena kopi bersifat asam dan alkohol membuat mulut kering yang akan memicu pertumbuhan bakteri. Susu yang selama ini kita pikir aman dari berbagai masalah juga sebenarnya pemicu bau mulut. Bukan hanya susu, tetapi berbagai produk olahannya juga bisa menyebabkan bau mulut. Susu membentuk senyawa amino yang oleh mikorba di permukaan lidah diubah menjadi senyawa sulfur.  Berbagai minuman yang mengandung gula juga dapat menyebabkan bau mulut. Gula adalah makanan bakteri dan mikroba di dalam mulut, jadi konsumsi gula akan membuat bakteri tumbuh dan menyebabkan bau mulut.
Dari berbagai penjelasan di atas, sudah jelas sekali bahwa banyak makanan dan minuman yang tidak kita sadari bisa menyebabkan bau mulut. Jika kita selama ini bermasalah dengan bau mulut dan sudah rajin menggosok gigi, tetapi bau mulut tetap saja datang, maka pastikan untuk mengecek apa saja yang sudah kita konsumsi karena banyak minuman dan Makanan Penyebab Bau Mulut.

Artikel Lainnya :