Makanan Yang Mengandung Kolesterol

Makanan yang berasal dari hewan adalah makanan yang HANYA mengandung kolesterol. Seperti daging , keju , susu, dll. Makanan yang berasal dari nabati adalah makanan yang TIDAK mengandung kolesterol. Sebenarnya ada sejumlah faktor yang mempengaruhi tingkat kolesterol darah Anda. Tetapi makanan adalah faktor penting yang banyak berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
Sebelum membeli makanan dianjurkan untuk membaca label makanan terlebih dahulu untuk melihat apakah makanan tersebut rendah kolesterol atau tidak. Bagaimana Anda tahu jika produk tersebut rendah kolesterol? Biasanya dikemasan tertulis di INFORMASI NILAI GIZI, makanan tersebut low-fat atau tidak.
Petunjuk per saji untuk kolesterol:
  1. Bebas Kolesterol – Persentase kurang dari 2 mg kolesterol dan kurang dari atau sama dengan 2 g lemak jenuh
  2. Rendah Kolesterol – Kurang dari atau sama dengan 20 mg kolesterol dan kurang dari atau sama dengan 2 g lemak jenuh
  3. Mengurangi ATAU Kurang Kolesterol – Sedikitnya 25% lebih sedikit kolesterol daripada yang asli dan Kurang dari atau sama dengan 2 g lemak jenuh
Lemak jenuh meningkatkan tingkat kolesterol “jahat” LDL dalam darah.
Kadar lemak tak jenuh sebenarnya lebih rendah dari kadar kolesterol LDL. Selain dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL, lemak tak jenuh ganda juga menurunkan kolesterol “baik” HDL.
Untuk manfaat maksimal dan efektivitas, Anda harus terus makan makanan rendah lemak dan kolesterol dan terus berolahraga.
Secara medis, dokter telah menggunakan obat untuk mengendalikan kadar kolesterol darah. Obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai “agen antihyperlipidemic”. Salah satu contoh obat traditional yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu : rebusan air daun salam, daun salam selain berguna untuk penyedap masakan karena mempunyai zat flavonoid dan tannin yang dapat berfungsi menurunkan kolesterol.

Artikel Lainnya :