Komplikasi Penyakit Yang Disebabkan Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Ada beberapa penyebab penyakit asam urat, suatu kondisi menyakitkan yang disebabkan oleh tingginya kandungan senyawa/zat asam urat dalam darah. Beberapa faktor resiko/penyebab penyakit asam urat adalah faktor genetik, obesitas, dan konsumsi makanan berkadar purin tinggi yang menjadi makanan pantangan asam urat.
Asupan makanan kaya purin adalah salah satu dari beberapa penyebab penyakit asam urat yang dapat dikendalikan. Apa itu purin dan mengapa dianggap sebagai salah satu penyebab penyakit asam urat?
Purin adalah senyawa kimia yang biasanya ditemukan dalam sel-sel tubuh manusia dan makanan yang dikonsumsi. Pemecahan senyawa purin menjadi asam urat sangatlah penting fungsinya bagi tubuh kita karena asam urat membantu melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan. Namun yang menjadi masalah adalah ketika tingkat asam urat dalam darah menjadi abnormal/tinggi. Asam urat berlebih akan mengkristal dan mengendap di persendian, ginjal dan organ lainnya yang menyebabkan peradangan.
Sebagai aturan umum, purin dari makanan pantangan asam urat seperti daging dan ikan adalah penyebab utama penyakit asam urat dibandingkan dengan purin yang terkandung dalam sayuran. Jika diet seseorang ditetapkan sebagai salah satu penyebab penyakit asam urat, sangat disarankan untuk mengikuti diet khusus rendah purin. Harap diperhatikan bahwa satu porsi (3,5 ons) ikan herring, ikan teri, sarden, makarel, remis, ginjal, hati, dan produk daging lainnya sudah menyumbang kandungan purin sebesar 1.000 miligram.
Makanan pantangan asam urat lainnya yang bisa memicu penyakit asam urat adalah kacang-kacangan (kacang hijau, kacang polong kering, lentil, kedelai, kacang tanah, dsb) jamur, asparagus, kembang kol, bayam, dedak gandum, benih gandum, dan oatmeal. Minum bir juga menjadi salah satu penyebab penyakit asam urat karena mengandung ragi.
Penyakit asam urat yang tidak ditangani dengan benar bisa menjadi penyakit yang melumpuhkan. Bahaya konsumsi makanan pantangan asam urat tidak hanya berpengaruh pada persendian dan ginjal penderita asam urat seperti radang sendi, batu ginjal dan gagal ginjal. Tetapi hiperurisemia atau peningkatan abnormal kadar asam urat dalam darah juga terbukti sangat terkait dengan beberapa penyakit berikut:
  1. Penyakit jantung,
  2. Tekanan darah tinggi
  3. Penyakit hati
  4. Diabetes
  5. Stroke
  6. Obesitas
Jadi makanan pantangan asam urat bisa “membunuh” para penderita asam urat jika tidak dihindari/dikontrol dengan baik karena bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit di atas atau bisa disebut juga sebagai “a silent killer”!
Penderita penyakit asam urat tidak boleh melakukan diet tinggi lemak dan tinggi protein karena justru diet seperti ini merupakan makanan pantangan asam urat yang menjadi pemicu penyakit tersebut. Justru pola makan yang rendah protein, rendah lemak, dan tinggi karbohidrat kompleks sangat baik untuk penderita asam urat yaitu makanan yang bersifat alkali/basa dapat membantu melawan tingginya kadar asam urat seperti beras/nasi, jagung, ubi jalar, kentang, ikan air tawar (gurame, ikan mas, mujair), pare, seledri, wortel, ketimun, selada, semangka, dsb.

Artikel Lainnya :