Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Teh hijau / teh ocha adalah teh yang kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan. Teh dari Jepang ini dipercaya dapat mencegah radikal bebas yang berefek pada kerusakan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau juga baik dalam mengatasi beberapa hal seperti memperlambat proses penuaan, mengurangi resiko kanker, dan penyakit jantung. Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata teh ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Di antaranya adalah:
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Bagi Anda yang bekerja di luar atau sering terkena paparan sinar matahari, sebaiknya Anda mengkonsumsi teh ocha sebagai pelindung bagi kulit Anda. Anda juga dapat menggunakan teh langsung pada bagian kulit yang akan terkena sinar matahari. Caranya, seduhlah 2 sendok makan daun teh, lalu diamkan hingga dingin. Setelah dingin, saring air teh dengan bahan kain yang lembut. Kemudian gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian kulit yang dianggap akan terkena paparan sinar matahari. Lalu diamkan hingga mengering. Sebaiknya Anda melakukan pengompresan ini sekitar 30 menit sebelum terkena sinar matahari.
  • Mengatasi mata panda
Mata panda yang disebabkan oleh kekurangan tidur ini dapat Anda atasi dengan menggunakan teh ocha. Hal ini karena teh ocha mengandung tanin yang bermanfaat untuk mengurangi mata bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata. Cara penggunaannya mudah, Anda hanya perlu menutup mata dan mengompres kedua mata Anda dengan bekas kantung teh yang sudah diseduh, selama kurang lebih 20 menit.
  • Menyuburkan rambut
Menurut penelitian yang dilakukan di Korea, kandungan epigallocatechin-3-gallat pada teh ini efektif dalam menambah kesuburan rambut. Selain itu, teh ocha yang dikenal dapat meningkatkan metabolisme juga ikut berpengaruh pada proses pertumbuhan rambut.
  • Mengatasi Jerawat dan wajah berminyak
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat dan wajah berminyak, Anda dapat mencoba menggunakan teh ocha untuk mengatasi masalah Anda. Teh yang mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin ini dapat menghasilkan toner alami yang berfungsi untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Caranya, tuang teh pada cetakan lalu simpan ke dalam lemari es. Setelah membeku, usapkan teh beku tersebut pada wajah setiap hari secara perlahan dan merata. Kemudian biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Sedangkan untuk mengatasi jerawat, Anda dapat mengompres jerawat dengan kantong teh atau membuat masker dari daun teh yang dicampur dengan putih telur.

Sumber: http://id.she.yahoo.com/kenali-manfaat-terbaik-teh-hijau-bagi-kecantikan.html

Artikel Lainnya :